10 Fakta Menarik Tentang Amazon: Hutan Hujan Terbesar Dunia

Siap untuk petualangan luar biasa? Karena kita sekarang akan menuju ke kedalaman hutan hujan terbesar dan paling terkenal di dunia, ya, Amazon! Berikut ini kami akan memberikan 10 fakta menarik tentang Amazon.

1. Amazon adalah hutan hujan tropis terbesar di dunia. Meliputi lebih dari 5,5 juta kilometer persegi, begitu besarnya hutan ini bahkan Inggris dan Irlandia akan masuk ke dalamnya 17 kali!

2. Amazon terletak di Amerika Selatan, mencakup Brazil, Bolivia, Peru, Ekuador, Kolombia, Venezuela, Guyana, Suriname dan Guyana Prancis.

3. Karena ketebalan kanopi (cabang atas dan daun pohon-pohon), dasar hutan Amazon berada dalam kegelapan permanen. Bahkan, itu begitu tebal bahwa ketika hujan, dibutuhkan sekitar sepuluh menit untuk air untuk mencapai tanah!

4. Mengalir dari utara hutan hujan adalah sungai Amazon. Mengalir sepanjang sekitar 6,400km, itu adalah sungai terpanjang kedua di dunia, setelah sungai Nil di Afrika.

5. Pada tahun 2007, seorang pria bernama Martin Strel berenang sepanjang seluruh sungai Amazon! Untuk melengkapi perjalanan hutannya, Martin berada di dalam air sampai sepuluh jam sehari selama 66 hari!

6. Sekitar 400-500 suku adat Amerindian menyebut hutan hujan Amazon sebagai rumah. Diyakini bahwa sekitar lima puluh dari suku-suku ini tidak pernah memiliki kontak dengan dunia luar!

7. Amazon memiliki ekosistem incredibily yang kaya, ada sekitar 40.000 spesies tanaman, 1.300 spesies burung, 3.000 jenis ikan, 430 mamalia dan sekitar 2,5 juta serangga yang berbeda. Wow!

8. Amazon adalah rumah bagi seluruh mahluk-mahluk yang menarik dan mematikan! Termasuk belut listrik, piranha pemakan daging, katak panah beracun, jaguar dan beberapa ular yang berbisa.

9. Salah satu ikan yang menarik yang ditemukan di Amazon adalah Pirarucu (juga dikenal sebagai arapaima atau paiche). Seekor ikan besar pemakan daging, pirarucu memakan ikan lain dan dapat tumbuh hingga panjang hampir 3 m! Dan apa yang membuatnya menjadi super mematikan? Mereka memiliki gigi pada atap mulut dan lidahnya!

10. Daerah ini adalah keindahan alam yang sangat besar dan sering disebut sebagai ‘paru-paru bumi’. Hal ini karena vegetasi hutan yang kaya mengambil karbon dioksida dari udara, dan melepaskan oksigen kembali. Bahkan, lebih dari 20% oksigen dunia dihasilkan oleh Amazon.

sumber: mediahangat.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*